Sekilas Tentang Proxy

Standard

Proxy merupakan sebuah server (sistem komputer atau program aplikasi) yang bertindak sebagai perantara atau penghubung permintaan (request) dari komputer client terhadap konten-konten dari Internet. Proxy juga dapat menyimpan file, halaman web di memorinya untuk sementara, sehingga dapat mengurangi beban akses internet yang berlebihan pada saat mengambil kembali halaman yang sama berulang–ulang. Selain itu Proxy juga dapat menyembunyikan identitas seperti IP Address, lokasi, dan juga koneksi ISP yang dipakai pada saat sedang browsing dengan tujuan agar identitas tidak diketahui oleh orang lain.

Ada beberapa tipe proxy, diantaranya:

  • Transparent Proxy

Proxy tipe ini biasanya lebih berfungsi sebagai penghubung atau perantara dalam pengambilan data dari internet. Biasanya proxy dengan tipe Tranparent ini bisa digunakan untuk mempercepat akses ke suatu website. Sehingga tidak perlu mengambil lagi data dari sebuah situs yang sudah diakses sebelumnya menggunakan Proxy yang sama. Sesuai dengan namanya, jika kita menggunakan Transparent Proxy, maka IP address asli kita tetap bisa terdeteksi oleh server yang kita akses datanya dan dapat dilacak dengan menggunakan metode atau tools untuk melacak IP address.

Transparent Proxy - Image by MeNDHo.com

  • Anonymous Proxy

Proxy tipe ini sedikit berbeda dengan Transparent Proxy dan biasanya digunakan untuk menyembunyikan IP address. Jika kita menggunakan Anonymous Proxy, maka IP address asli kita akan disembunyikan atau dibungkus oleh IP proxy, sehingga yang terdeteksi nantinya adalah IP dari Proxy Anonymous yang kita pakai. Tetapi, jika kita memakai proxy tipe ini, identitas / informasi seperti IP Address, Location (Country, Region, City), dan juga ISP yang kita pakai biasanya masih bisa dilacak dengan menggunakan metode atau tools untuk melacak IP address dan biasanya kecepatan aksesnya lebih lambat dari Proxy Transparent.

Anonymous Proxy - Image by MeNDHo.com

  • Highly Anonymous Proxy (Elite Proxy)

Proxy tipe ini hampir sama dengan Anonymous Proxy, cuma bedanya jika kita memakai proxy tipe Highly (Elite), semua identitas / informasi seperti IP Address, Location (Country, Region, City), dan juga ISP yang kita pakai akan disembunyikan oleh proxy. Sehingga yang terdeteksi nantinya adalah informasi dari proxy yang kita pakai dan seolah-olah menggunakan koneksi langsung dari ISP yang bersangkutan.

Highly Anonymous Proxy (Elite Proxy) - Image 
by MeNDHo.com

Fungsi dan Kegunaan Proxy bermacam-macam, diantaranya:

  • Untuk menyembunyikan identitas / informasi seperti IP Address, Location (Country, Region, City), dan juga ISP yang kita pakai.
  • Untuk mempercepat akses ke suatu website. Karena proxy menggunakan cache, sehingga halaman web yang sudah pernah dikunjungi akan disimpan di proxy server.
  • Untuk menerapkan kebijakan akses ke layanan jaringan atau konten, misalnya untuk memblokir situs yang tidak diinginkan dan situs mana saja yang bisa dikunjungi.
  • Dapat digunakan untuk mem-bypass sehingga dapat mengakses situs yang diblokir, misalnya di kantor dan juga sekolah ataupun situs-situs yang diblokir langsung oleh penyedia ISP atau penyedia jaringan internet.
  • Untuk menghindari pembatasan regional, misalnya ada situs yang memblokir IP address dari negara-negara tertentu, sehingga tidak bisa mengakses situs tersebut. Kemudian dengan menggunakan proxy dapat melewati pemblokiran tersebut.

Untuk mencari daftar proxy yang bisa dipakai, dapat mengunjungi beberapa situs yang menyediakan daftar proxy gratis, biasanya saya mencarinya disini:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s