Cara Menyembuhkan & Mencegah Virus PC

Standard

Tips perbaiki komputer dari virus. Komputer merupakan kotak mesin yang canggih memiliki hal rahasia yang unik di dalamnya termasuk software dan hardware. Awal pertama mengenal lingkungan komputer akan terasa menyenangkan dan membuat terkagum-kagum dengan fungsi dan pengoperasiannya. Apalagi dikaitkan dengan sistem operasi windows yang akrab dengan komputer, kenapa? Karena para pengguna saat ini mayoritas adalah pengguna windows.

Seiring waktu kondisi komputer semakin lelet dan terasa berat jika di operasikan alias sering hang. Munculnya sesuatu yang aneh di dalam sistem operasi windows. Setelah mempelajari dengan seksama ternyata hal ini disebabkan oleh infeksi virus. Kini membuat kening berkerut 7 tingkat dalam mengatasinya, bagaimanakah solusinya untuk menghindari virus komputer? Coba kita lihat berikut ini tentang tips cara ampuh menjaga keamanan komputer dari serangan virus, worm, spyware, dan semacamnya.

Perbaiki Komputer dari Virus (3), Repair Laptop Karena Virus (1), Tune Up PC (1), Tips Cegah Virus (2), Trik Membersihkan Virus, Malware, Adware, Trojan, Spyware  (1)
Virus Komputer

Virus dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab, mereka merusak keamanan dan mengancam data saudara serta mengambil keuntungan di balik penyebarannya. Virus pada umumnya melalui USB menularkan virus ke komputer. Hal demikian memang tidak bisa diremehkan, keutuhan atau keselamatan data penting yang anda miliki tentu harus dilindungi. Perlu juga memahami gejala gerak-gerik virus menelusuri lebih dalam sistem komputer saudara, jangan sampai virus membohongi, kini ucapkan “tiada dusta diantara kita”.

Berikut Tips dan Trik Cara Mencegah Komputer Agar Tidak Terinfeksi Virus :
 
1. Berhati-Hati Dalam Membuka Media Storage Orang Lain,
 
Media storage seperti CD, DVD, Flashdisk, Disket, dan lain sebagainya adalah media penyimpan data. Tanpa disadari saudara menemukan si mungil imut bernama virus hadir dalam kehidupan komputer. Ketika akan membuka media storage, pastikan scan terlebih dahulu menggunakan antivirus andalan yang telah terupdate.    

2. Disiplin Saat Browsing Internet,

Internet bisa dikatakan sebagi ladang dedemit virus komputer, worm, spyware, dan semacamnya. Alasan yang tepat adalah blackhacker selalu menjebak dengan sesuatu yang membuat saudara tertarik sehingga secara otomatis tanpa disadari telah mendownload virus. Hindari mengunjungi situs-situs underground yang menawarkan barang bajakan, crack, keygen apalagi situs pornografi. Secara tersembunyi di dalamnya telah terselubung virus yang akan menginfeksi komputer. Banyak aplikasi yang menawarkan keunggulan dan kehebatannya, tapi jangan sembarangan mendownload jika program tersebut dari sumber yang tidak jelas. Silahkan konsultasi dengan teman yang lebih mengerti tentang keamanan aplikasi. Silahkan download melalui situs resmi yang telah betul-betul saudara percaya agar keamanannya terjamin tidak terinfeksi virus.  

3. Hati-Hati dalam Membuka E-Mail,

E-mail digunakan untuk mengirim dan menerima pesan melalui jaringan elektronik, tak heran jika ini merupakan target kejahatan dunia maya untuk mengelabui korbannya. Pesan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan seperti iklan atau memberikan link ke situs-situs tertentu tanpa persetujuan e-mail saudara sendiri.  Biasanya ketika membuka email tersebut tidak jarang mengikutsertakan sebuah virus. Semua bisa saudara cegah berdasarkan informasi pengiriman yang benar-benar dikenal, jika mencurigakan maka jangan sesekali membukanya, tanpa basa-basi langsung saudara  hapus.

4. Mengupdate Sistem Operasi.

Windows merupakan makanan empuk bagi virus, bahkan sasaran utama kalangan Blackhacker untuk merusak keamanan sistem tersebut. Kemudahan pengoperasian merupakan alasan utama dalam kalangan banyak orang yang menggunakan sistem operasi windows. Microsoft memperhatikan kondisi ini dengan menghadirkan fitur otomatis update ketika terkoneksi internet yang mengupdate fitur terbaru untuk perbaikan dan meningkatkan keamanan sistem. Tidak memiliki koneksi internet tidak menjadi masalah untuk melakukan update, secara offline mengunakan Path dari Microsoft yang disebut sebagai Service Pack.

Tips dan Trik Menyembuhkan Infeksi Virus :

1. Scan dengan Antivirus,

Langkah awal yang perlu dijalankan adalah scan dengan antivirus andalan. Virus memang selalu berkembang setiap detiknya, maka pastikan antivirus yang saudara gunakan telah terupdate. Scan secara keseluruhan Drive komputer untuk mendeteksi dan menghapus file induk yang bersarang di komputer.    

2. Membersihkan Dengan Cara Manual,

Virus membandel dan tidak mau dihapus melalui antivirus saudara? Jangan khawatir semua itu bisa dihapus dengan cara sendiri yang menyelesaikannya. Virus yang sudah dikenal dapat membantu saudara untuk menghapus secara manual melalui informasi yang didapatkan baik di majalah komputer maupun informasi dari Om Google.  

3. Format Hardisk dan Instal Ulang Windows,

Cara paling jitu adalah dengan instal ulang sistem operasi. Cara ini cukup efektif tentang penyelesaian aplikasi yang rusak maupun terjangkit oleh virus. Mengformat seluruh hardisk dan menginstal aplikasi pendukung satu persatu kembali. Hardisk yang di partisi terdiri beberapa dua, tiga atau selebihnya harus membuat saudara jeli dalam format partisi, pastikan data penting tidak terhapus, maka pindahkan data yang dirasa aman ke partisi lain atau media lain. Instal ulang yang dilakukan, jika hanya memformat Drive C, maka sisa partisi lainnya berkemungkinan besar terjangkit oleh virus. Membuka Drive yang terjangkit virus akan membuat penyebaran kembali, maka jangan buka Drive selain C setelah instal ulang. Scan Drive sisa partisi data saudara dengan antivirus yang telah terupdate.

4. Sistem Operasi Alternatif.

Windows adalah satu di antara banyak sistem operasi yang berkembang saat ini, seperti Linux, Mac OS, Solaris, BSD, IBM OS dan lain sebaginya. Keamanan ditunjukkan oleh linux yang memang jarang terjangkit virus. Sistem operasi linux memiliki pengoperasian hampir sama dengan windows, tapi hanya memiliki program yang benar-benar terpilih untuk bisa berjalan di linux. Dengan alasan demikian linux bisa dikatakan jarang terinfeksi virus karena selektif dengan program yang dijalankan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s