Alasan Mengapa Komputer Harus di Shutdown

Standard

Alasan Mengapa Komputer Harus di Shutdown. Mungkin setiap kali kita menggunakan komputer/laptop dan lagi menunggu proses shutdownnya, karena tidak sabar kita langsung tekan tombol power atau langsung cabut cok nya, tapi tahukah hal tersebut kurang baik untuk kesehatan komputer?

1.Saat kita mematikan komputer lewat shutdown, komputer akan mendata/register ulang komponen komputer, software yang digunakan, serta data data yang kita pakai. Nah, jika kita mematikannya secara paksa, maka komputer akan gagal melakukan pendataan ulang tersebut, dan apa akibatnya? komputer dapat gagal melakukan recovery jika sewaktu waktu.

2. Dapat menyebabkan kerusakan pada komputer. Karena, pada saat shutdown prosesor memberikan sebuah perintah kepada BIOS agar menghentikan seluruh aktivitas komponen komputer, sehingga arus listrik/komponen tersebut diputus secara alami.

3. Dapat menyebabkan prosesor berumur pendek, pada saat proses shutdown, fan/kipas komputer akan bekerja lebih cepat untuk mendinginkan prosesor, tapi jika kita mematikan secara paksa, fan/kipas tersebut tidak akan dapat melakukan pekerjaannya seperti biasa, sehingga lama kelamaan prosesor tersebut dapat menjadi rusak.

4. Saat proses shutdown, memory akan dikosongkan, sehingga saat kita hidupkan komputer tersebut kembali keadaan memory akan benar benar fresh.

5. Jika kita mematikan komputer secara langsung akan dapat menyebabkan terjadinya bad sector pada HDD.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s