Definisi Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)

Standard

Selamat Malam, kali ini saya akan memposting tentang Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK), tidak usah panjang lebar langsung ajah Check It Dot !

Awalnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (bahasa lisan) untuk menyampaikan informasi berupa ide atau gagasan. Kemudian, komunikasi berkembang dengan menggunakan gambar dan tulisan berupa simbol dan huruf, email, hinhha telecoference yang dapat mempertemukan orang-orang dari jarak jauh melalui tampilan suara dan gambar secara langsung (real-time). Teknologi yang menyertai proses komunikasi untuk menyampaikan informasi disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dalam bahasa Inggris TIK disebut ICT, yaitu singkatan dari information and communication technology.

TIK mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi melalui segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasimeliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi merupakan padanan tak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan proses manipulasi, pengelolaan, dan pemindahan informasi antara pengirim dan penerima.

Istilah telematika yang merupakan singkatan dari telekomunikasi dan informatika kadang disamakan dengan TIK. Perbedaannya, telematika hanya mengkhususkan pada pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan informasi melalui peralatan telekomunikasi. Telekomunikasi adalah teknik pengiriman pesan jarak jauh, misalnya jaringan komputer dan telepon.

Pembelajaran teknologi informasi dan teknologi komunikasi dapat membantu kita untuk mengenal, menggunakan, dan merawat peralatan TIK, serta menggunakan segala potensi yang ada untuk mengembangkan kemampuan diri. Selain itu, penguasaan TIK akan meningkatkan kualitas kehidupan di berbagai bidang melalui proses pendidikan yang berlaku pada semua tingkatan dan lintas ilmu.

TIK bertujuan agar kita memahami seluruh peralatan yang digunakan, termasuk komputer (computer literate) dan juga memahami informasi (information literate). Artinya, kita mengenal istilah-istilah yang digunakan pada TIK terutama pada komputer. Kita juga mampu menyadari keunggulan seta keterbatasan komputer serta dapat menggunakan komputer secara optimal. Di samping itu, kita dapat memahami bagaimana dan di mana informasi dapat diperoleh, bagaimana cara mengolah informasi serta bagaimana cara menyampaikannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s