Komputer

Standard

Lanjut lagi nih postingan nya… langsung Check It Dot !

 

Istilah komputer berasal dari kata ‘‘to compute’‘ dalam bahasa Inggris atau “computare” dalam bahasa Latin yang memiliki arti “menghitung” karena komputer pertama diciptakan hanya sebagai mesin penghitung. Definisi komputer yang dibuat oleh para ahli berbeda-beda sesuai dengan lingkupnya.

  • Menurut buku Computer Today, komputer adalah suatu sistem elektronik untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data input (masukan) memproses data tersebut, dan menghasilkan output (keluaran) berdasarkan langkah-langkah perintah pada program yang tersimpan di memori.
  • Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkanoutputberupa informasi.
  • Menurut Fuori, komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan dalam skala besar secara cepat termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur

Perkembangan komputer yang begitu pesat menjadikan komputer tidak hanya mampu menghitung, melainkan juga mengolah data yang berbentuk alfanumerik maupun numerik (teks). Sementara itu, untuk perhitungan skala kecil telah dikembangkan suatu alat yang biasa disebut kalkulator. Untuk mewujudkan konsep komputer sebagai pengolah data dan penghasil informasi, diperlukan sistem komputer. Sistem komputer merupakan kombinasi dari hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (pengguna komputer/user). Hardware merupakan peralatan yang membentuk fisik komputer. Software merupakan program yang instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data, Sedangkan, Brainware mengacu pada manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer, Ketiga komponen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa Software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak berfungsi apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

 

Okey Selesai Semoga Bermanfaat…. tunggu postingan berikut nya yah ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s